Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan

Ikan Teri merupakan salah satu jenis ikan laut yang kandungan proteinnya cukup tinggi. Protein ini yang akan membuat alergi sobat menjadi semakin parah. Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang murah meriah. Bentuknya juga sangat kecil diantara jenis ikan konsumsi yang lain. Walaupun harganya murah dan dengan bentuk yang super kecil, manfaat ikan teri ini sangat banyak. Ternyata ikan teri ini mengandung zat gizi yang sangat tinggi. Kandungan protein tertinggi pada ikan teri terdapat saat ikan masih dalam bentuk yang basah, bukan ikan teri yang sudah diasinkan. Ikan teri yang sudah diasinkan kandungan proteinnya sudah banyak yang hilang karena proses pengeringan. Tapi dalam ikan teri yang sudah kering dan diasinkan juga masih mengandung zat gizi terlebih protein yang masih cukup banyak.
A.    Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan.
Manfaat ikan teri bagi kesehatan tubuh ini tidak lepas dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan teri.
Beberapa daftar kandungan ikan teri ini antara lain:
1.      Protein.
Protein yang terkandung dalam 100 gr ikan teri segar sekitar 10,3 gr protein. Protein itu sendiri mempunyai manfaat yang sangat penting seperti pembentukan massa otot, menambah kekuatan dan juga daya tahan tubuh, baik untuk massa pertumbuhan.
2.      Kalsium.
Kalsium yang terkandung dalam ikan teri ini cukup tinggi, yaitu sekitar 972 mg kalsium dalam setiap 100 gr ikan teri. Kandungan kalsium dalam ikan teri ini cukup untuk menggantikan susu dalam memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Kalsium itu sendiri sangat penting untuk kesehatan tulang.
Beberapa manfaat kalsium yang lain diantaranya :
a.      Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
b.      Memperkuat tulang.
3.      Fosfor.
Sama seperti kalsium. fosfor ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Dalam 100 gr ikan teri segar, terdapat kandungan fosfor sekitar 252 mg.
4.      Zat besi.
Selain protein, kalsium dan fosfor, kandungan zat besi dalam ikan teri juga tergolong lumayan tinggi. Dalam 100 gr ikan teri segar, mengandung sekitar 3,9 mg zat besi. Zat besi ini mempunyai manfaat yang sangat penting untuk tubuh, diantaranya untuk mencegah anemia.
5.      Vitamin A.
Bukan cuma wortel, ikan teri juga mempunyai kandungan vitamin A walaupun tidak sebanyak buah buahan ataupun sayuran. Walaupun hanya sedikit, kandungan vitamin A dalam ikan teri dapat membantu pemenuhan kebutuhan vitamin A tubuh.
Vitamin A itu sendiri mempunyai fungsi sebagai:
a.       Menjaga kesehatan mata.
b.      Menjaga imunitas tubuh.
c.       Menjadi anti oksidan.
6.      Vitamin B1.
Sama seperti vitamin A, kandungan vitamin B1 dalam ikan teri ini juga cukup kecil. Yaitu sekitar 0,24 mg per 100 gr ikan teri segar.
Manfaat vitamin B1 ini antara lain :
a.      Membantu proses oksidasi pada tubuh.
b.      Menjaga kesehatan tubuh.
c.       Memproses dan memberikan energi.
7.      Lemak.
Lemak yang terkandung dalam 100 gr ikan teri segar sekitar 1,4 gr. Walaupun tergolong rendah, namun ikan teri ini lumayan cocok untuk yang sedang menjalani progam diet.
B.     Manfaat Ikan Teri Untuk Tulang.
Seperti yang sudah dibahas diatas, kandungan kalsium dan ikan teri ini sangat tinggi. Yang mana kalsium dan juga fosfor sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
C.    Manfaat Ikan Teri Untuk Ibu Hamil dan Bayi.
Selain untuk menjaga kesehatan tulang, kalsium dan juga fosfor juga penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi. Untuk ibu hamil sendiri, kandungan kalsium berfungsi untuk mencegah te

Comments