Home » , , , » Penyakit Kulit Ringan VS Penyakit Kulit Berbahaya

Penyakit Kulit Ringan VS Penyakit Kulit Berbahaya

Posted by ERWIN EDWAR

A.    Pengertian Penyakit Kulit.
Penyakit Kulit adalah salah satu jenis penyakit yang di sebabkan oleh jamur, bateri dan virus. Penyakit kulit dapat menyerang seseorang apabila seseorang tersebut memiliki tingkat kekebalan tubuh yang kurang baik. Penyakit kulit itu di kelompokkan menurut jenis penyakit dan tingkat keganasannya karena ada jenis penyakit kulit yang tidak berbahaya dan ada juga jenis penyakit kulit yang sangat berbahaya hingga dapat menimbulkan kematian. Adapun penyakit kulit dapat di bedakan menurut tingkat pengobatannya ada 2 yaitu penyakit kulit yang dapat di sembuhkan dan penyakit kulit yang sulit untuk di sembuhkan. Oleh karena itu, dalam mengetahui jenis penyakit kulit bagi penderita adalah sesuatu hal yang sangat penting karena akan memudahkan penderita dalam rangka untuk proses pengobatan dan penyembuhan. Adapun untuk mengetahui jenis penyakit kulit, berikut kami akan menguraikan beragam jenis penyakit kulit yang kami rangkum
B.     Jenis Penyakit Kulit yang Tergolong Penyakit Kulit Ringan.
Penyakit kulit di kelompokkan berdararkan pada tingkat bahayanya ada 2, yaitu penyakit kulit yang mudah disembuhkan / ringan dan yang sulit untuk di sembuhkan yang bisa menimbulkan kematian.
Adapun penyakit kulit yang tergolong ringan adalah sebagai berikut :
1.      Penyakit Panu.
Panu merupakan Jenis penyakit kulit dengan faktor penyebab utamanya adalah jamur. Bagi penderita yang terkena penyakit panu akan menimbulkan gejala-gejala seperti gatal-gatal dan ada juga yang terasa panas. Penyakit kulit panu tergolong penyakit kulit yang ringan dan mudah di sembuhkan. Adapun ciri penyakit panu yaitu kulit bercak keputih-putihan, terasa gatal apabila berkeringat dan lebih sering menyerang pada daerah punggung.
Obat Panu. Obat penyakit ini di bedakan menjadi 2 yaitu obat ringan dan berat.
a.      Apabila panu yang menyerang masih ringan dapat menggunakan obat yang manjur seperti:
1.      Obat bersifat seperti krim:
2.      Klotrimazol, Miconazole,
3.      Terbinafine.
Ketiga Obat tersebut telah dijual bebas di toko obat, silakan memilih obat tersebut. Adapun cara pemakaiannya yaitu bersihkanlah panu tersebut sampai jamurnya bersih kemudian olesilah dengan krim tersebut, biasanya akan sembuh dalam beberapa hari.
b.      Jika penyakit panu tersebut luas /  berat, cara mengobatinya harus menggunakan "resep dokter" karena jenis obat-obatannya mengandung bahan aktif seperti:
1.      Flukonazol (Diflucan) tablet, 
2.      Ketoconazole tablet,
3.      Itrakonazol (Onmel, Sporanox) kapsul/ tablet.
Ketiga obat tersebut sangatlah manjur untuk menyembuhkan panu yang berat, dan biasanya akan sembuh hanya beberapa hari.
2.      Penyakit Bisul.
Bisul merupakan penyakit kulit yang tergolong tidak terlalu parah, penyakit bisul adalah penyakit kulit dimana kulit menjadi membengkak hal itu di sebabkan oleh infeksi dari bakteri staphylococcus aureus yang terjadi pada kulit. Sedangkan penyakit bisul ada yang tumbuh tunggal dan ada juga yang muncul dengan jumlah lebih satu yang dikenal dengan istilah Carbunculosis. Penyakit bisul ini, jika tidak segera diobati dapat menyebar kebagian tubuh yang lain bahkan juga dapat menular ketubuh orang lain. Adapun ciri penyakit bisul tersebut tampak seperti pada gambar diatas, yaitu kulit terlihat ada benjolan kecil kemerah-merahan. Adapun faktor utama penyebab penyakit bisul adalah kurangnya kebersihan kulit.
3.      Penyakit Kurap.
Penyakit kulit kurap adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, adapun ciri-ciri penyakit kurap tersebut adalah pada kulit terlihat kasar, tebal bercak dan berair. Adapun gejala yang di timbulkan dari penyakit tersebut adalah gatal, perih dan pedas. Faktor utama penyebab dari penyakit tersebut adalah kurangnya kebersihan badan. Penyakit kurap mudah menular melalui sentuhan kulit.
4.      Penyakit Kudis.
Penyakit kulit kudis merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut sebagai sarcoptes scanbievar hominis. Adapun gejala yang di timbulkannya adalah pada kulit terasa gatal dan perih. Ciri-ciri penyakit kudis tersebut tampak seperti pada gambar seperti diatas. Kudis merupakan jenis penyakit kulit yang mudah menular apabila terjadi kontak langsung atau bersentuhan. untuk menghindari penyakit tersebut sebaiknya selalu menjaga kebersihan badan.
5.      Penyakit Jerawat.
Penyakit kulit jerawat adalah jenis penyakit kulit yang di sebabkan oleh bakteri di pori-pori kulit yang menimbulkan benjolan pada kulit, baik kulit wajah ataupun kulit tubuh lainnya. Ciri-ciri penyakit jerawat tersebut tampak seperti benjolan pada kulit. Adapun cara pencegahannya selalu menjaga kebersihan kulit.
6.      Penyakit Herpes Stomatitis.
Jenis penyakit kulit Herpes Stomatitis adalah jenis penyakit kulit yang biasa muncul di area mulut, seperti pada bagian bibir, lidah dan gusi. Jenis penyakit ini di bagi 2, antara lain :
a.      Penyakit Herpes Stomatitis yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex 1, penyakit ini terjadi hanya pada anak usia antara mulai 6bulan-5th.
b.      Penyakit Herpes Stomatitis yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex 2, virus tersebut menyerang orang dewasa.
7.      Penyakit Campak.
Jenis penyakit kulit campak merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan infeksi virus pada kulit. Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah; badan lemas, hilangnya nafsu makan, demam dan peradangan pada mata serta dalam beberapa lama akan nampak ruam-ruam merah di bagian tubuh. Adapun ciri-ciri penyakit campak tersebut seperti pada gambar dibawah ini.
8.      Penyakit Cacar Air.
Penyakit cacar air merupakan jenis penyakit kulit yang di sebabkan oleh virus, adapun gejala yang di timbulkan penyakit adalah tubuh gatal pada kulit dan tubuh demam. Jenis penyakit cacar air ini akan sulit jika binti-bintik pada kulit tersebut pecah atau digaruk dengan tangan.
9.      Penyakit Ketombe. Jenis penyakit kulit ketombe juga tergolong penyakit kulit yang tidak membahayakan, adapun faktor sebagai penyebab dari penyakit tersebut adalah kurang tidur, capex, stres dan kurangnya menjaga kebersihan kulit.
10.  Penyakit Kutil.
Penyakit kulit kutil merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan akibat dari virus human papillmavirus, penyakit tersebut dapat menular kebagian tubuh lainnya.
11.  Penyakit Impetigo.
Jenis penyakit Impetigo merupakan penyakit kulit yang menular, penyakit ini bisa menular pada anak-anak. Penyakit tersebut bersifat sementara, namun lebih baik diobati. Adapun pengobatan penyakit tersebut berdasarkan pada jenis baklteri yang menyerangnya karena penyakit tersebut disebabkan oleh 2 bakteri pada kulit, yaitu bakteri streptococcus aureus dan bakteri staphylococcus pyogenes kedua bakteri tersebut mempunyai perbedaan dan mempunyai kesamaan yaitu sama-sama menyebabkan penyakit tersebut.
12.  Penyakit Eksim.
Penyakit kulit Eksim merupakan penyakit kulit yang menyerang pada area tangan, kaki dan paha. Penyakit ini di tandai dengan gejala pada kulit berwarna kemerahan dan bergelembung yang berisi air.
13.  Penyakit Psoriasis.
Penyakit kulit Psoriasis merupakan penyakit kulit dengan ciri-ciri pada kulit berwarna putih tebal dan mengerak, namun penyakit tersebut tidak menular. adapun gejala yang ditimbulkan penyakit ini terasa gatal pada kulit yang diserang.
14.  Penyakit Seborrheic keratosis.
Penyakit kulit Seborrheic keratosis merupakan penyakit yang menyerang di bagian dada, perut dan pundak yang membengkak kasar dan tebal. Adapun cara mengobatinya bisa menggunakan obat-obatan seperti Cryosurgery atau Electrosurgery.
15.  Penyakit Lepra.
Penyakit kulit lepra merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae. Adapun ciri-cirinya seperti pada gambar di bawah ini.
16.  Penyakit Keloid.
Penyakit kulit Keloid penyakit kulit yang tumbuh mengembang di sekitar luka.
17.  Penyakit Hemangioma.
Penyakit kulit Hemangioma merupakan penyakit kulit yang di sebabkan dari kelainan/kerusakan hati. Penyakit tersebut merupakan daging yang tumbuh pada kulit namun bukan kanker. Orang yang menderita penyakit tersebut biasanya sudah sejak lahir.
18.  Penyakit Rosacea.
Penyakit kulit Rosacea merupakan penyakit kronis yang terdapat pada sekitar wajah dengan ciri-ciri bintik-bintik yang berisi air / nanah.
19.  Penyakit Vitiligo.
Penyakit kulit ini di karenakan kulit telah kehilangan warna / pigmen kulit sehingga menyebabkan bercak keputih-putihan. Penyakit tersebut bisa hilang dengan sendirinya apabila sel pigmen pada kulit masih ada.
20.  Penyakit Selulitis.
Penyakit kulit Selulitis merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan dari infeksi bakteri yang biasa muncul pada bagian kaki yang sangat cepat penyebarannya. bakteri dari virus tersebut mampu menyerang pada mesodermis, kelenjar dan aliran darah. karena penyakit kulit tersebut mempunyai ciri mudah menyebar maka sebaiknya pengobatan di sarankan dengan secepat-cepatnya karena dapat membahayakan penderita.
21.  Penyakit Decubitus ulcers.
Penyakit kulit Decubitus ulcers merupakan penyakit kulit yang menyerang pada bagian punggung, pantat, pinggul dan engkel akibat dari kulit yang luka terbuka. 
22.  Penyakit Dermatomyositis.
Penyakit kulit Dermatomyositis merupakan penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada otot dan kulit dimana penyakit tersebut muncul dan bisa sembuh dengan sendirinya. Adapun penyebab dari penyakit tersebut belum dapat diketahui secara pasti.
23.  Penyakit Molluscum contagiosum.
Penyakit kulit Molluscum contagiosum merupakan penyakit kulit yang disebabkan dari virus molluscum yang mengakibatkan benjolan pada kulit. Akibat benjolan tersebut tidak menimbulkan bekas namun benjolan tersebut bisa bertahan sampai 2bl sampai 4th tergantung oleh daya tahan tubuh.
24.  Penyakit Schyosis vulgaris.
Penyakit kulit Schyosis vulgaris merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kulit tubuh menjadi kering sehingga sel kulit menjadi mati dan mengerak pada bagian luar kulit tubuh biasanya berbentuk seperti sisik ikan. Penyakit tersebut dapat berkembang dan menyebar jika dibiarkan.
25.  Penyakit Ingrown nails.
Penyakit kulit Ingrown nails merupakan jenis penyakit kulit yang diakibatkan dari pemotongan kuku yang salah, pemakaian sepatu yang terlalu kecil, infeksi luka pada kuku dan berat badan yang berat juga dapat menyebabkan penyakit tersebut. Walaupun rasanya sakit penyakit tersebut tidak menular dan juga tidak membahayakan.
26.  Penyakit Pilonidal Sinus.
Penyakit kulit Pilonidal sinus merupakan jenis penyakit yang dapat menyebabkan pembengkakan pada sela-sela pantat yang biasa terjadi pada usia dewasa. Penyakit tersebut dapat terasa sakit apabila telah terjadi infeksi sehingga menimbulkan nanah.
27.  Penyakit Erysipelas.
Penyakit kulit Erysipelas merupakan jenis penyakit yang disebabkan dari infeksi bakteri di luar kulit dan biasanya penyakit tersebut muncul pada bagian kaki dan wajah.
28.  Penyakit Acrodermatitis.
Penyakit kulit Acrodermatitis merupakan jenis penyakit menular yang terjadi pada anak usia 6bulan -12th yang berupa benjolan kulit yang berwarna merah keunguan. Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut adalah; badan demam dan pada benjolan tersebut terasa gatal.
29.  Penyakit Kista Sebaceous.
Penyakit kulit kista sebaceous merupakan jenis penyakit pada kelenjar sebaceous yang mengakibatkan pembengkakan yang menghasilkan cairan seperti nanah.
30.  Penyakit Diaper Rash.
Penyakit kulit diaper rash merupakan penyakit kulit pada balita yang terjadi karena iritasi.
31.  Penyakit Hives.
Penyakit kulit Hives merupakan penyakit kulit yang disebabkan karena alergi yang terjadi akibat sesuatu hal yang terjadi, misalnya minum obat dan bisa juga iritasi akibat benda-benda keras.
32.  Penyakit Dyshidrotic Eczema.
Penyakit kulit dyshidrotic eczema merupakan penyakit gatal karena alergi yang terjadi pada telapak tangan dan kaki. Penyakit tersebut muncul dengan bentuk benjolan yang berisi seperti air namun hanya bertahan 2-3 minggu dan bisa sembuh dengan sendirinya.
C.     Jenis Penyakit Kulit yang Tergolong Penyakit Kulit Berbahaya.
1.      Penyakit Kulit Melanoma.
Penyakit Melanoma merupakan jenis penyakit kanker pada kulit dan jenis penyakit ini tergolong sebagai penyakit kulit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada penderita jika penyakit tersebut dibiarkan. Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut adalah adanya perubahan yang mengembang pada tailalat yang yang disertai peradangan di sekitarnya.
2.      Penyakit Lupus.
Penyakit kulit lupus merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya, untuk mengetahui ciri dan gejalanya bisa anda baca uraian sebelumnya tentang penyakit Lupus tersebut.
3.      Penyakit Necrotizin Fascitis.
Jenis penyakit kulit ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri streptococcus yang dapat berkembang dan menyebar secara cepat.
4.      Penyakit Hypohidrosis.
Penyakit Hypohidrosis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan pada kelenjar yang menyebabkan kulit tidak dapat mengeluarkan keringat. Adapun gejala yang di timbulkan dari penyakit tersebut adalah; suhu tubuh memanas, tidak keluar keringat dan timbul kekejangan pada anggota tubuh, sehingga penyakit tersebut terbilang bahaya karena dapat menimbulkan kematian.
D.    Pengobatan Penyakit Kulit.
Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa pengobatan penyakit kulit dapat di lakukan dengan obat-obatan baik dari medis maupun dari obat tradisional. Namun pada umumnya penyakit kulit di sebabkan oleh kurangnya kebersihan. Adapun usaha untuk mencegah terjangkitnya penyakit kulit tersebut adalah hendaknya menjaga kebersihan badan.

.


0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Total Pageviews