Home » , , , , » Tips Memelihara Bebek supaya Rajin Bertelur

Tips Memelihara Bebek supaya Rajin Bertelur

Posted by ERWIN EDWAR

Ada dua jenis bebek yang biasa dibudidayakan yaitu bebek pedaging dan bebek petelur. Disini saya hanya akan berbicara tentang bebek petelur. Dengan tingkat permintaan yang sangat tinggi, harga telur bebek saat ini jauh lebih mahal daripada telur ayam. Bahkan selisihnya bisa mencapai dua kali lipat. Akan tetapi, memelihara bebek petelur juga lebih sulit dibandingkan dengan membudidayakan ayam.  Faktanya lebih dari 75 persen peternak bebek pemula mengalami kegagalan. Penyebab utamanya yaitu pemberian pakan yang seadanya kepada bebek yang diternakkan dengan tujuan untuk menghemat biaya produksi. Akibatnya tingkat produktivitas bebek tersebut pun tidak terlalu baik. Bebek yang tidak mendapatkan asupan gizi yang juga mengakibatkan daya tahan tubuhnya rendah sehingga gampang terserang penyakit.
Di bawah ini tips-tips yang dapat Anda lakukan supaya bebek - bebek peliharaan rajin bertelur setiap hari, yaitu :
1.      Bebek petelur sebaiknya ditempatkan di dalam kandang yang memadai. Anda harus memastikan kandang tersebut bersih, aman, dan ukurannya cukup luas. Hindari memelihara bebek petelur dengan sistem umbaran karena akan berpengaruh terhadap jumlah produksi telurnya.
2.      Komposisi pakan untuk bebek petelur tidak jauh berbeda dengan pakan ayam petelur.  Berikanlah pakan kepada bebek berupa konsentrat minimal sebanyak 0,5 ons/hari. Pakan utama ini selanjutnya bisa dicampur nasi dan dedak halus dengan perbandingan 3:2:3. Bebek lebih suka mengonsumsi makanan yang basah sehingga Anda perlu menambahkan air secukupnya.
3.      Pakan yang sudah selesai dibuat harus segera diberikan kepada bebek. Jangan membiarkan pakan tersebut terlalu lama karena akan menjadi basi. Selain kurang disukai bebek, pakan yang sudah basi ini bisa menimbulkan gangguan dan penyakit. Sesekali Anda boleh memberikan bebek berupa nasi sisa tetapi harus dicuci terlebih dahulu sampai bersih.
4.      Pemberian pakan yang baik adalah sehari tiga kali dengan porsi yang cukup. Jangan pernah memberikan pakan terlalu banyak sebab dapat memboroskan biaya produksi, menyebabkan kandang kotor, dan menurunkan hasil telur bebek. Wadah pakan harus segera diambil setelah 5-8 menit kemudian. Cara makan bebek biasanya sangat lahap dan baru akan berhenti setelah ia merasa benar-benar kenyang.
5.      Sebagai unggas yang memiliki habitat di lingkungan perairan, bebek membutuhkan minuman yang banyak. Oleh sebab itu, air minum harus selalu tersedia di kandang. Pakailah tempat minum yang tertutup agar kebersihan air di dalamnya terjaga. Bebek mempunyai kebiasaan mandi di air minum sehingga menyebabkan air tersebut cepat kotor. Selain itu, bebek yang terlalu sering mandi juga biasanya akan malas menghasilkan telur.
Untuk merangsang bebek supaya menghasilkan telur setiap hari, kunci utamanya ialah pakan. Anda harus memberikan bebek tersebut pakan yang cukup. Perhatikan pula kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan tersebut agar kebutuhan gizi yang diperlukan oleh bebek selalu terpenuhi. Hal lain yang tak boleh dilupakan yaitu memastikan bebek-bebek yang Anda pelihara merasa nyaman serta menjaga kebersihan kandang agar tidak menjadi sarang bibit penyakit. Jika bebek yang Anda budidayakan selalu sehat, maka hasil telurnya pun banyak.






0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Total Pageviews