Soal dan Jawaban IPA Kelas VII Semester 2 – Halaman 81 - 82

Soal dan Jawaban IPA Kelas VII Semester 2 – Halaman 81 - 82 

Uji Kompetensi
1.      Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan Global.
Jawaban :
a.       Efek Rumah Kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas – gas tertentu di atmosfer bumi memerangkap panas.
b.      Pemanasan Global adalah peningkatan suhu rata – rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahap serta perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim bumi.
2.      Sebutkan gas – gas pemicu terjadinya pemanasan global !.
Jawaban :
a.       Emisi CO2 yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik.
b.      Emisi CO2 yang berasal dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi.
c.       Emisi Metana dari hewan, lahan pertanian dan dari dasar laut Arktik.
d.      Deforestation (Penebangan Liar) yang disertai dengan pembakaran lahan hutan.
e.       Penggunaan Chlorofluorocarbons (CFCs) dalam refrigerator (Lemari es / pendingin).
f.       Meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian.
3.      Perhatikan pernyataan berikut :
a.       Penggundulan hutan.
b.      Penghematan listrik.
c.       Peternakan.
d.      Pembakaran hutan.
e.       Penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan.
Dari pernyataan – pernyataan tersebut, klasifikanlah pernyataan yang merupakan penyebab pemanasan global.  
Jawaban :
a.       Penyebab pemanasan global adalah Pilihan (a), yaitu penggundulan hutan dan (d), yaitu pembakaran hutan.
b.      Bukan penyebab pemanasan Global adalah Pilihan (b), (c), dan (e)
4.      Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan Ac dan lemari es ?.  
Jawaban :  
AC dan Lemari ES mengandung bahan Chlorofluorocarbons (CFCs). Keduanya termasuk alat pendingin yang merupakan gas pemicu terjadinya pemanasan Global.
JAWABAN YANG LEBIH LENGKAP DAN PANJAAANG ADALAH :
Dampak / akibat penggunaan AC dan Lemari Es, yaitu : kebanyakan AC dan Lemari Es menggunakan Freon / Chlorofluorocarbons (CFC) yang bisa menyebabkan penipisan lapisan ozon sehingga terjadinya pemanasan global. Selain AC (Lemari Es) menghasilkan udara dingin, AC (Lemari Es) juga mengeluarkan energy panas. Energy yang dikeluarkan inilah yang ditampung di lingkungan sekitar dan menyebabkan panas mikro di sekitar mesin AC (Lemari Es). AC / Lemari Es mengkonsumsi energy yang sangat besar, dan bahkan cenderung menambahkan bahan bakar fosil. Zona panas ini yang menyebabkan mengganggu pola cuaca alam dan menyebabkan hujan, pembentukan awan tidak normal dsb. Sebagaian besar AC / Lemari Es menggunakan CFC Refrigerant / refrigator yang jauh lebih kuat daripada karbondioksida bagi terjadinya pemicu pemanasan global. Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan kita seperti pencairan es di kutub, kenaikan permukaan air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim yang banyak mengakibatkan flora dan fauna tertentu punah, peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dsb.
5.      Jelaskan system kerja gas rumah kaca dalam menjaga kestabilan temperature bumi !.
Jawaban :
Di Atmosfer Bumi terdapat banyak gas – gas rumah kaca alami. Siklus air, Karbondioksida (CO2) dan Metana adalah beberapa bagian penting yang ada didalamnya. Tanpa adanya gas – gas rumah kaca tersebut, kehidupan bumi tidak akan terjadi. Seperti halnya Planet Mars, Bumi juga akan menjadi sangat dingin apabila tidak terdapat gas – gas rumah kaca di atmosfernya. Sebaliknay, jika jumlah gas – gas rumah kaca terus bertambah di atmosfer, maka suhu bumi akan terus meningkat.
Meskipun CO2, siklus air dan gas – gas rumah kaca lainnya di atmosfer adalah transparan untuk radiasi cahaya matahari, namun gas – gas tersebut masih mampu menangkap dan menyerap radiasi cahaya yang memancar ke bumi dalam jumlah banyak. Radiasi yang terserap sebagian juga akan direfleksikan kembali oleh bumi. Pada keadaan normal, jumlah radiasi panas yang diserap dengan yang direfleksikan kembali sama.
6.      Jelaskan dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah kaca di atmosfer bumi.
Jawaban ;
Adanya gas – gas rumah kaca yang membuat iklim bumi layak huni. Tanpa adanya efek rumah kaca, permukaan bumi akan berubah sekitar 60derajat Fahrenheit atau 15,6 derajat Celcius lebih dingin.
7.      Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer bumi semakin meningkat !.
Jawaban :
a.       Temperature bumi menjadi semakin tinggi.
b.      Tingginya temperature bumi dapat dapat menyebabkan lebih banyak penguapan dan curah hujan secara keseluruhan, tapi masing – masing wilayah akan bervariasi, beberapa menjadi basah dan bagian lainnya kering.
c.       Mencairnya glasier yang menyebabkan kadar air laut meningkat.
d.      Hilangnya terumbu tangan.
e.       Kepunahan spesies yang semakin meluas.
f.       Kegagalan panen besar – besaran.
g.      Penipisan lapisan ozon.
8.      Atmosfer bumi mempunyai efek yang sama dengan rumah kaca, sehingga muncul istilah efek rumah kaca. Bumi memanas seperti rumah kaca, tetapi tidak benar – benar rumah kaca. Jelaskan perbedaan system atmosfer bumi dengan rumah kaca !.  
Jawaban :
Atmosfer Bumi berfungsi menahan udara agar tidak keluar dari Bumi, dan juga menahan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari agar tidak sampai ke Bumi. Sementara rumah kaca adalah kejadian dimana energi panas matahari yang akan dipantulkan keluar Bumi dipantulkan kembali ke Bumi menyebabkan suhu di Bumi meningkat. Hal ini yang memicu terjadinya pemanasan global.
JAWABAN LEBIH LENGKAP DAN PANJAAANG.
Atmosfer bumi terdiri dari bermacam-macam gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangat dikenal dengan istilah “gas rumah kaca”. Disebut gas rumah kaca karena sistem kerja gas-gas tersebut di atmosfer bumi mirip dengan cara kerja rumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agar suhu di dalam rumah kaca tetap hangat, dengan begitu tanaman di dalamnya pun akan dapat tumbuh dengan baik karena memiliki panas matahari yang cukup. Planet kita pada dasarnya membutuhkan gas-gas tesebut untuk menjaga kehidupan di dalamnya. Tanpa keberadaan gas rumah kaca, bumi akan menjadi terlalu dingin untuk ditinggali karena tidak adanya lapisan yang mengisolasi panas matahari. Sebagai perbandingan, planet mars yang memiliki lapisan atmosfer tipis dan tidak memiliki efek rumah kaca memiliki temperatur rata-rata -32o Celcius.
Kontributor terbesar pemanasan global saat ini adalah Karbon Dioksida (CO2), metana (CH4) yang dihasilkan agrikultur dan peternakan (terutama dari sistem pencernaan hewan-hewan ternak), Nitrogen Oksida (NO) dari pupuk, dan gas-gas yang digunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan (CFC). Rusaknya hutan-hutan yang seharusnya berfungsi sebagai penyimpan CO2 juga makin memperparah keadaan ini karena pohon-pohon yang mati akan melepaskan CO2 yang tersimpan di dalam jaringannya ke atmosfer. Setiap gas rumah kaca memiliki efek pemanasan global yang berbedabeda. Beberapa gas menghasilkan efek pemanasan lebih parah dari CO2. Sebagai contoh sebuah molekul metana menghasilkan efek pemanasan 23 kali dari molekul CO2. Molekul NO bahkan menghasilkan efek pemanasan sampai 300 kali dari molekul CO2. Gas-gas lain seperti chlorofluorocarbons (CFC) ada yang menghasilkan efek pemanasan hingga ribuan kali dari CO2. Tetapi untungnya pemakaian CFC telah dilarang di banyak negara karena CFC telah lama dituding sebagai penyebab rusaknya lapisan ozon.
9.      Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies ?. jelaskan !.  
Jawaban :
Berdasarkan laporan IPCC, April 2007, bahwa kerentanan dan adaptasi akibat perubahan iklim telah menyebabkan sekitar 30 persen tumbuhan dan hewan akan meningkat risiko kepunahannya jika kenaikan temperatur global rata-rata di atas 1,5-2,5 derajat C. Dampak perubahan iklim sudah terjadi, sekarang dan akan makin menjadi parah di masa yang akan datang. Mulai dari kebakaran hutan, pemutihan karang, gagal panen, dan punahnya beberapa spesies. Tahun 2007 lalu menjadi tonggak peringatan bagi pemerintahan di seluruh dunia untuk membuat strategi baru untuk adaptasi atas dampak besar yang lain seperti badai, kekeringan, banjir dan naiknya permukaan air laut. Setiap individu harus beradaptasi pada perubahan yang terjadi, sementara habitatnya akan terdegradasi dan yang tidak dapat beradaptasi akan punah. Spesies yang tinggal di kutub, seperti penguin, anjing laut, dan beruang kutub, juga akan mengalami kepunahan, akibat mencairnya sejumlah gunung es di kutub.  Dampak perubahan iklim terhadap spesies sebagai komponen keanekaragaman hayati adalah berupa perubahan dalam kisaran penyebaran, meningkatnya tingkat kelangkaan, perubahan waktu reproduksi, dan perubahan dalam lamanya suatu musim tanam. Terumbu karang sangat sensitif terhadap panas. Kenaikan satu derajat C pada temperatur laut dapat mengakibatkan stres dan pemutihan (bleaching) terumbu karang yang akhirnya akan mati. Di Kepulauan Seribu, sekitar 95 persen terumbu karang yang berada hingga kedalaman 25 meter mengalami kematian akibat pemutihan karang.
10.  Mengapa penggunaan pupuk kimia dalam pertanian dapat memicu terjadinya pemanasan global ?. Jelaskan !.
Jawaban :
Peningkatan penggunaan pupuk lebih dari 50 tahun yang lalu bertanggung jawab terhadap kenaikan signifikan kandungan Nitro Oksida di atmosfer yang merupakan gas utama yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Penyebab Peningkatan nitro oksida adalah nitrogen yang terkandung dalam pupuk yg menstimulasi mikroba di tanah untuk mengkonversi nitrogen ke nitro oksida lebih cepat dari biasanya.

Sejak tahun 1750, tingkat nitro oksida di udara telah meningkat hingga 20% dari di bawah 270 ppb menjadi lebih dari 320 ppb. Setelah karbondioksida, metana, nitro oksida (N2O) merupakan potensi pemicu terjadinya pemanasan global. Hal tersebut juga merusak ozon Stratosfer yg menjaga planet dari sinar ultra violet yg berbahaya. 

Comments

  1. Terimakasih banyak atas bantuannya ya ♥️

    ReplyDelete
  2. Thanks😁😘😘❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muachh 😘😚😚😚😚

      Delete
  3. MAKASIH jawbannya aku suka karna detail bangt jawabanya

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas bantuannya thanks.....

    ReplyDelete
  5. Terima kasih. Jadi semangat belajar

    ReplyDelete

Post a Comment