Latihan Soal dan Jawaban Pilihan Ganda IPA Terpadu Kelas VII Semester 2 – Halaman 141 s/d 144

Latihan Soal dan Jawaban Pilihan Ganda IPA Terpadu Kelas VII Semester 2 – Halaman 141 s/d 144 

Uji Kompetensi (Pilihan Ganda).
1.      Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah
a.       Litosfer.
b.      Atmosfer.
c.       Kromosfer.
d.      Hidrosfer.
Jawaban : C. Kromosfer (Lihat halaman 86).
2.      Lapisan atmosfer yang memiliki tekanan paling rendah adalah …
a.       Troposfer.
b.      Mesosfer.
c.       Eksosfer.
d.      Stratosfer.
Jawaban : A.  Trofosfer  (Lihat halaman 89).
3.      Berikut ini yang merupakan fungsi dari lapiasan ozon di atmosfer adalah ..
a.       Melindungi bumi dari cahaya matahari.
b.      Melindungi bumi dari sinar ultraviolet.
c.       Mengatur suhu Bumi.
d.      Sebagai pemantul gelombang radio.
Jawaban : B.  melindungi bumi dari sinar ultraviolet. (Lihat Halaman 97).
4.      Susunan Litosfer dari dalam hingga ke permukaan Bumi secara berurutan adalah ..
a.       Inti dalam, inti luar, Mantel Bumi, Kerak Bumi.
b.      Inti dalam, inti luar, Kerak Bumi, Mantel Bumi.
c.       Inti Dalam, Mantel Bumi, Inti Luar, Kerak Bumi.
d.      Inti Dalam, Astenosfer, Inti Luar, Kerak Bumi.
Jawaban : B. (Lihat Halaman 99).
a.       Kerak Bumi dibagi menjadi Kerak Benua dan Kerak Samudra.
b.      Mantel Bumi terdiri dari Mantel Atas dan Mantel Bawah.
c.       Inti Bumi dibedakan menjadi Inti Luar (berupa cairan pekat) dan Inti Dalam (bersifat pekat hamper menyerupai padatan).  
5.      Jika terdapat dua lempeng yang bertumbukan, maka yang akan terjadi adalah
a.       Terbentuk patahan / sesar.
b.      Terjadi penekukan lempeng. Lempeng yang memiliki massa jenis yang lebih besar menekuk ke bawah lempeng yang masssa jenisnya lebih kecil.
c.       Terjadi penekukan lempeng. Lempeng yang memiliki massa jenis yang lebih kecil menekuk ke bawah lempeng yang massa jenisnya lebih besar.
d.      Tidak terjadi apa – apa.
Jawaban : B (Lihat Halaman 122).
Perhatikan Gambar berikut untuk menjawab soal nomor 6 – 7 

6.      Tanda panah pada gambar di atas menggambarkan aliran konveksi dalam Bumi yang mengakibatkan pergerakan lempeng. Lempeng bergerak sesuai dengan aliran konveksi tersebut. Pernyataan berikut yang benar tentang pergerakan lempeng pada titik A ialah …
a.       Lempeng bergerak searah.
b.      Lempeng bergerak saling mendekat dan bertumbukan.
c.       Lempeng bergerak saling menjauh.
d.      Lempeng tidak bergerak.
Jawaban : C 

7.      Pergerakan lempeng jenis yang terjadi pada bagian B adalah …
a.       Divergen.
b.      Konvergen.
c.       Transformasi.
d.      Tidak jadi pergerakan.
Jawaban : C
Perhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 8 – 9. 

8.      Berdasarkan gambar diatas, lempeng Indo – Australia dengan Lempeng Eurasia bergerak secara …
a.       Konvergen.
b.      Divergen.
c.       Transformasi. 
d.      Tidak bergerak.
Jawaban : A (Lihat Halaman 105). 

9.      Pergerakan lempeng Indo – Australia dengan lempeng Antartika terjadi secara …
a.       Konvergen.
b.      Divergen.
c.       Transformasi.
d.      Tidak bergerak.
Jawaban : B (Lihat Halaman 104).
10.  Perhatikan Gambar Berikut : 
Sebuah pusat gempa tercatat sejauh 1500 km dari sebuah stasiun seismic. Keadaan tersebut digambarkan penyebaran gelombang seismiknya. Pada gambar tersebut titik H berperan sebagai Pusat Gempa, yang disebut …  
a.       Episentrum.
b.      Hiposentrum.
c.       Patahan.
d.      Titik Primer.
Jawaban : B (Lihat Halaman 110). 




Comments

  1. Jawabannya salah tuh nomer 4

    ReplyDelete
  2. @unknown jawabannya bener kampang lu nya aja sih

    ReplyDelete
  3. Uraiannya mana kak soalnya besok dikumpul

    ReplyDelete
  4. Uraiannya mana kak soalnya besok dikumpul

    ReplyDelete
  5. Ini GK benar jawabannya . Yg benar ini :
    No 4 jawaban nya= A
    No 7 jawabannya =B

    Senanfbisa membantu 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yups makasih ya kak dah bener dari yg diatas nomer 4 sama 7

      Delete
    2. Betul yups makasih ya kak dah bener dari yg diatas nomer 4 sama 7

      Delete
    3. Trus no 8 apa?

      Delete
    4. 1. c
      2. a
      3. b
      4. a
      5. b
      6. c
      7. b
      8. a
      9. b
      10. b

      Delete
  6. Aku cocok kan betul semua kecuali no 4

    ReplyDelete
  7. Terima kasih banyak atas bantuan kakak

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas bantuannya ya.🙂🙂🙂

    ReplyDelete
  9. Makasih yah kk ,jawabanya bener kok

    ReplyDelete
  10. 144-145 mana kak? Minta jawabannya dong Jumat mau di kumpulin 🙏

    ReplyDelete
  11. Maaf no.4 jwbnnya A. Mantel dulu baru kerak bumi

    ReplyDelete
  12. Uji kopetensi bab lapisan bumi esai

    ReplyDelete
  13. Nmr 2 juga salah,coba buka dan baca baik-baik buku ipa kls 7 semester 2 hal.91-92.Tapi terima kasih banyak atas infonya

    ReplyDelete
  14. Jawaban ipa kelas 7 bab halaman 144 145

    ReplyDelete
  15. Anjer byk yang salah:v kirain bener semua kah😌

    ReplyDelete
  16. Hey yoyo koyo yoyoyo yeh, terbuat dari biji gue, asli gays. Minum abc susu

    ReplyDelete
  17. Esai:

    1. Ketika lempeng bergerak dan terjadi tumbukan, maka akan mengakibatkan patahan dan lipatan. Jika terjadi lipatan kearah luar maka akan membentuk gunung.

    2. Kisaran tekanan di Himalaya
    Ph = ( Pu - h: 100) cmHg

    = ( 76 -(-10) : 100)

    = ( 76 + 10000 : 100)

    = ( 76 + 100)

    = 176 cmHg
    Kisaran tekanan udara di puncak semeru

    Ph = ( Pu - h : 100) cmHg

    = ( 76 - (- 4km) 100)

    = ( 76 + 4000 :100)

    = 116 cmHg

    3. Tekanan pada puncak himalaya dan semeru berbeda karena kedua puncak memiliki ketinggian yang berbeda. Puncak Himalaya memiliki ketinggian 10rb sedangkan puncak Semeru berada pada ketinggian 4000. Semakin tinggi tekanan yang dialami akan semakin rendah

    4. Diketahui:
    tp = 18.15 ⇔ waktu gelombang primer
    ts = 18.19 ⇔ waktu gelombang sekunder
    Ditanyakan: Jarak episentrum (Δ) ?
    Dijawab:
    Gunakan hukum Laska :
    Δ = ((ts - tp)-1) x 1000 km
    = (18.19 - 18.15) -1) x 1000 km
    = (4-1 dalam menit) x 1000 km
    = (3 dalam menit) x 1000 km ⇒ 3 menit = 180 sekon,1 menit=60 sekon
    1
    = (180 ) x 1000 km
    60
    = 3.000 km

    5. Diketahui:
    Jarak ke episentrum (Δ)=1000 km
    Ditanyakan: ts-tp ?
    DIjawab:
    Gunakan hukum Laska:
    Δ = ((ts - tp)-1) x1000 km ⇒ ts dan tp dalam menit
    1000 km = ((ts-tp)-1) x 1000 km
    Balikan :
    ((ts-tp)-1) = 1000 km
    1000 km
    ((ts-tp)-1) = 1
    ts-tp = 1+1
    ts-tp = 2 menit
    Maka perbedaan waktu gelombang sekunder dan primer adalah sebesar 2 menit atau 2 x 60 sekon = 120 sekon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ikut menjawabnya. Pakai aplikasi apa tanda segitiga, tanda panah & tanda lainnya bisa kelihatan di blog ?.

      Delete

Post a Comment