Laos sebagai Anggota ASEAN – IPS Terpadu SMP Kelas 8 Halaman 23 s/d 26


Laos sebagai Anggota ASEAN – IPS Terpadu SMP Kelas 8 Halaman 23 s/d 26 

1.      Identitas Negara.

NO

LAOS

1
Nama resmi
Republik Demokratik Rakyat Laos
2
Ibu Kota
Vientiane
3
Pemerintahan
Republic Komunis
4
Kepala Negara
Presiden
5
Kepala Pemerintahan
Perdana Menteri
6
Badan Legislatif
Dewan Nasional
7
Bahasa Utama
Lao (resmi), Perancis, Inggris
8
Agama Utama
Buddha, Animisme
9
Rakyat / suku bangsa
Orang Lao atau Bangsa Lao
10
Penduduk th 2015
6,9 Juta Jiwa
11
Mata uang
Kip
12
Hari Kemerdekaan
2 Desember
13
Lagu Kebangsaan
Pheng Kat Lao (Lagu Nasional Lao)

2.      Keadaan Alam.
a.      Letak dan Batas.
Letak astronomis Laos 14 LU – 22 LU dan 100 BT – 107 BT, dengan batas – batas sebagai berikut :
1.      Sebelah Barat berbatasan dengan Thailand dan Birma.
2.      Sebelah Utara berbatasan dengan Tiongkok dan Vietnam.
3.      Sebelah Timur dengan Vietnam.
4.      Sebelah selatan dengan Kamboja.
b.      Iklim.
Laos beriklim tropis dengan suhu rata – rata tahunan 26 C pada bagian utara dan 28 C pada bagian selatan.
Laos memiliki tiga musim, yaitu :
1.      Musim Hujan yang panas.
Terjadi antara Bulan Juni – Oktober pada saat adanya pengaruh angina musim barat daya yang datang ke wilayah itu.
2.      Musim Kemarau yang sejuk.
terjadi antara Bulan November – Februari pada saat angina bertiup dari arah timur laut.
3.      Musim Pancaroba yang kering dan panas.
Terjadi antara Bulan Maret – Mei, pada masa peralihan antara musim kemarau dan musim hujan.
c.       Bentang Alam.
Laos adalah negara pegunungan, dengan kawasan hutan tropis yang belum terjamah. hanya 5 % dari lahan mereka cocok untuk pertanian, namun lahan pertanian yang 5 % itu menyediakan sampai 80 % lapangan kerja. Laos memiliki wilayah 236.804 km persegi. luas dari wilayah laos tersebut merupakan ½ bagian dari luas pulau Sumatra di Indonesia.
laos merupakan satu – satunya negara di Asia Tenggara yang jalan masuk ke wilayahnya tanpa melalui laut. Sebagian besar wilayah Laos adalah daerah pegunungan dan wilayah lainnya merupakan dataran tinggi. Kawasan Laos terdiri dari Empat (4) kesatuan geografis utama sebagai berikut ;
a.       barisan pegunungan lipatan dari utara ke selatan yang bertopografi kasar. Pada bagian utara barisan pegunungan, lipatannya terpotong – potong. Puncak gunung tertinggi berada pada Gunung Phou Bia (2.820 m). Adapun datrannya ada pada daerah plato Xiangkhoang.
b.      Lereng barat Pegunungan Annam.
c.       Plato Bolovens
d.      daerah lembah Sungai Mekong.
Sungai Mekong merupakan urat nadi dari negara Laos, yang memiliki panjang 1.800 km. Hampir sebagian dari panjang keseluruhannya melewati wilayah Laos dan membuat perbatasan dengan Thailand.
3.      Penduduk.
Laos adalah salah satu dari beberapa negara komunis yang masih tersisa di dunia. Sejak jatuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Laos tetap bertahan dengan paham komunisme sambil berupaya menyesuaikan diri dengan perubahan politik dunia yang cepat. Jumlah penduduk Negara Laos bila dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN termasuk yang paling kecil. Penduduk Laos tahun 2015 berjumlah 6,9 juta jiwa, dengan pertumbuhan  - 0,3 % per tahun. Kurang lebih 50 % penduduknya memeluk Agama Konghuchu, 34 % menganut kepercayaan suku, 2 % Kristen dan lain – lain mencapai 6 %. Bahasa Nasional yang digunakan adalah Bahasa Laos. Adapun bahasa keduanya yaitu Inggris, Vietnam dan Prancis.
Etnis bangsa yang banyak ditemukan yaitu etnis Laosian (60 %), suku gunung 35 % dan suku lain hanya 5 %. Orang Laos banyak tinggal di dataran rendah di pinggiran sungai. Orang Meo dan Yao, keturunan Tiongkok bagian selatan, banyak tinggal di daerah pegunungan dan memanfaatkan lahan untuk pertanian dengan system tebang bakar. Tingkat pendidikan Laos telah mengalami banyak perubahan kearah lebih baik meskipun kuantitasnya masih rendah. hampir 40 % penduduk Laos masih buta huruf.
4.      Perekonomian.
Pertanian merupakan kegiatan ekonomi utama yang menyerap lebih dari 72 % tenaga kerja. Luas lahan pertanian 932.000 hektar dan dimanfaatkan untuk budidaya tanaman padi dan jagung, terutama di Provinsi Xiangkhoang dan Houpan.
Sarana transportasi belum banyak dan sarana telekomunikasi juga masih sedikit. Hal ini membuat laju perdagangan berjalan kurang lancar. Ekspor utama Laos berupa barang tambang seperti bijih timah, kayu, kapas, kopi, kapur barus dan kulit. kegiatan impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup diantaranya beras, minyak bumi, mesin – mesin, barang elektronika dan barang – barang konsumsi lainnya. Pusat perekonomian Laos terdapat di sepanjang Sungai Mekong yang memiliki banyak dermaga pelabuhan. GDP Laos mencapai angka 12.043 ribu pada harga pasar.
5.      Sumber Daya Alam.
Sumber daya hutan di Laos telah mengalami penurunan secara signifikan. Diperkirakan, Laos tinggal memiliki luasan hutan 130.000 km. Dari jumlah itu, 70.000 km saja yang memiliki nilai jual. namun demikian, Laos mampu melakukan ekspor hasil hutan ini ke negara lain. Sumber daya yang menjadi andalan Laos hampir sama dengan negara – negara Asia Tenggara lainnya, yaitu dari sector pertanian. Selain itu, sector perikanan, peternakan dan pertambangan juga memberikan kontribusi yang cukup besar bagi devisa negara.
6.      Kerja Sama.
Dalam tata pergaulan dengan negra lain, Laos banyak melakukan kerja sama yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi, seperti ekspor dan impor. Di lain pihak, kerja sama yang dilakukan Laos juga sudah lebih berkembang dalam bidang – bidang lain baik di level regional maupun internasional.
sebagai anggota ASEAN, Laos turun aktif dalam kegiatan kerja sama tersebut, misalnya KTT ASEAN ke – 10 yang dilaksankan di Viantiane. beberapa organisasi internasional yang diikuti Laos diantaranya ASEM, FAO, IBRD, IDA, IFC, UNDP, UNIDO, ILO, UNESCO, WHO, APEC dan lain – lain. Indonesia dan laos menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan menempatkan duta besarnya. Selain itu Laos juga terlibat kerja sama pada forum ASEAN.

Comments