Hubungan Partai Politik Dengan Kedaulatan Rakyat (Materi PKN Kelas 8 – Halaman 184 s/d 185)


Hubungan Partai Politik Dengan Kedaulatan Rakyat (Materi PKN Kelas 8 – Halaman 184 s/d 185) 
 

Indonesia merupakan negara demokrasi yang berkedaulatan rakyat. Dalam Undang – Undang Dasar NRI Tahun 1945 yang telah diamandemen, Pasal 1 ayat (2) menyebutkan bahwa kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang – Undang Dasar.
Dalam menyalurkan hak kedaulatannya, warga negara dapat melakukan dengan berbagai cara, antara lain melalui :
1.      Hak berserikat dan berkumpul, seperti yang tercantum dalam Pasal 28 : Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan Undang – undang.
2.      Pasal 28 C ayat 2 : Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya.
3.      Pasal 28 D ayat 3 : Setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan.
Berbagai undang – undang sebagai pelaksanaan dari UUD telah disahkan, salah satunya adalah UU tentang Partai Politik yang merupakan perubahan dan pembaharuan dari Undang – undang sebelumnya.
Ada dua ciri negara demokrasi atau negara yang berkedaulatan rakyat kedua ciri itu adalah :
1.      Adanya partisipasi masyarakat / warganegara dalam pemerintahan.
2.      Dijaminnya / diakuinya hak asasi manusia.
Partai politik merupakan salah satu wujud partisipasi masyarakat yang penting dalam mengembangkan kehidupan demokrasi / kedaulatan rakyat. Melalui partai politik, rakyat dapat berperan serta dalam pemerintahan negara.
Partai Politik adalah organisasi politik yang dibentuk oleh sekelompok warga negara Republik Indonesia. Pembentukan ini secara sukarela atas dasar persatuan kehendak dan cita – cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota, masyarakat, bangsa dan negara melalui pemilihan umum.
Sebagai sebuah organisasi politik, partai politik memiliki tujuan, yaitu sebagai berikut :
1.      Tujuan Umum Partai Politik adalah
a.       Mewwujudkan cita – cita nasional bangsa Indonesia sebagaimana dimaksudkan dalam Pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
b.      Mengembangkan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dan menjungjung tinggi kedaulatan rakyat dalam Negara Kesatuan Republic Indonesia.
c.       Mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.
2.      Tujuan Khusus Partai Politik adalah memperjuangkan cita – citanya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Comments