Memainkan Alat Musik Tradisional (Materi Seni Budaya SMP Kelas 8 – Halaman 159 s/d 167)


Memainkan Alat Musik Tradisional (Materi Seni Budaya SMP Kelas 8 – Halaman 159 s/d 167) 

A.    Jenis Musik Ansambel Tradisional.
Gamelan jelas bukan music yang asing. Popularitasnya telah merambah berbagai benua dan telah memunculkan paduan music baru jazz – gamelan. Gamelan melahirkan institusi sebagai ruang belajar dan ekspresi music gamelan, hingga menghasilkan pemusik gamelan ternama. pagelaran music gamelan kini bisa dinikmati diberbagai belahan dunia.
Di Indonesia terutama di Pulau jawa dan bali salah satu jenis seni bebunyian atau seni tetabuhan yang dianggap paling tua dan masih bertahan hidup serta berkembang sampai saat sekarang ini adalah alat music gamelan. Di daerah – daerah tertentu sering disebut dengan istilah seni karawitan. Istilah karawitan pada saat sekarang di daerah – daerah tertentu terutama pada lingkungan perguruan tinggi seni sering digunakan untuk menyebut berbagai jenis alat music daerah. Penyebutan istilah itu bentuk – bentuk alat instrumental maupun vocal yang memiliki sifat, karakter dan konsep serta cara kerja atau aturan tertentu.
Banyak yang menggunakan istilah karawitan dengan berangkat dari dasar kata rawit. Menurut Ki Sindu Suwarno, karawitan berasaal dari kata “Rawit” yang berarti cabe rawit yang kecil serta halus, indah. Indah artinya disini adalah seni. Jadi karawitan adalah seni suara yang berbentuk vocal maupun instrumental yang berlaraskan pelog dan salendro.
Sedangkan menurut R.M. Kusumadinata dari Bandung bahwa istilah karawitan adalah “Pancaran Sinar yang Indah”, yaitu seni artinya karawitan adalah seni suara yang berbentuk vocal maupun instrumental yang berlaraskan pelog dan salendro. Namun, pada saat sekarang istilah karawitan sangat luas sekali pengetiannya. jadi kalau istilah karawitan hanya seni suara yang berlaraskan pelog dan salendro saja tidak mewakili pada jenis – jenis music lainnya. Sementara jenis – jenis music di Indonesia sangat beragam. Dengan demikian, di era sekarang bahwa istilah Karawitan adalah mencakup jenis – jenis alat music yang berbentuk vocal maupun instrumental dan tidak hanya yang berlaraskan pelog salendro saja. Akan tetapi, seluruh bentuk jenis kesenian yang ada di Indonesia. Dengan demikian bertolak dari pengertian itu, maka tidak heran bila istilah karawitan kemudian dapat digunakan untuk menyebut atau mewadahi beberapa cabang seni yang memiliki karakter yang halus, kecil dan indah.
Jadi karawitan tidak hanya menunjuk pada gamelan Jawa, Bali dan Sunda. Namun, karawitan juga menunjuk jenis perangkat alat music lain di Indonesia. Contoh Talempong Sumatra Barat, Gondang Sumatra Utara, kulintang Sulawesi Selatan, Angklung Jawa barat, Arumba dan Tifa
B.     Memainkan Ansambel Tradisional.
Coba mainkan lagu – lagu di bawah ini dengan alat music yang ada di daerahmu !.
1.      Rambadia dari Tapanuli.
2.      Selendang Mayang dari Sumatra Utara.
3.      Kambanglah Bungo dari Sumatra Barat.
4.      Bungong Jeumpa dari Aceh.
5.      Iringan Tari Ngarojeng dalam Gamelan Topeng Betawi dari Betawi Jakarta.
6.      Pola Dasar Tabuh Iringan Tari gamelan Sunda dari Jawa Barat.

Comments