Membuat Poster (Materi Seni Budaya SMP Kelas 8 – Halaman 122 s/d 132)


Membuat Poster (Materi Seni Budaya SMP Kelas 8 – Halaman 122 s/d 132) 

Poster merupakan salah satu sarana cara untuk menyampaikan pesan. Isi pesan pada poster biasanya menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Poster juga sering digunakan untuk mempromosikan pertunjukkan seperti pementasan film, tari, atau music, dan teater. Poster juga digunakan untuk mengampanyeukan seperti kesehatan, lingkungan, dan sejenisnya.
A.    Konsep Membuat Poster.
Poster merupakan sebuah karya seni yang memuat komposisi antara huruf dan gambar. Poster dibuat dalam berbagai macam ukuran sesuai dengan kebutuhan. Ada poster yang dibuat dengan ukuran besar tetapi ada juga yang dibuat dengan ukuran kecil. Penempatan poster tergantung dari media dan bahan yang digunakan. Ada poster sering ditempelkan pada dinding jika menggunakan media kertas. Poster juga sering ditempel pada baliho jika ukurannya besar. Ciri utama dari poster mempunyai sifat menarik perhatian mata, sehingga berbagai desain poster dibuat berwarna – warni lengkap dengan warna kontras sehingga menarik perhatian.
Poster memiliki fungsi menyampaikan pesan secara singkat dengan menggunakan kata dan gambar. Untuk itu dalam membuat poster ada kesatuan utuh antara gambar yang ditampilkan dengan kata yang ditulis. Pada poster kata hendaknya ditulis sesingkat mungkin tetapi memiliki pesan kuat dan jelas. Coba perhatikan beberapa poster berikut :
Kadua poster tersebut merupakan ajakan untuk hidup sehat, yaitu membuang sampah pada tempatnya dan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas.
1.      Poster Pertama.
Pada poster pertama bentuk visual dan kalimat singkat, jelas dan padat.
2.      Poster Kedua.
Pada poster kedua merupakan langkah – langkah yang harus dilakukan dalam mencuci tangan.
Keduanya memiliki fungsi sama yaitu mengajak hidup lebih sehat.
Perhatikan kedua poster tersebut. Keduanya merupakan poster tentang lingkungan hidup tetapi memiliki ajakan yang berbeda.
1.      Poster Pertama.
Pada poster pertama merupakan ajakan melakukan ekspedisi ke hutan di Kalimantan
2.      Poster Kedua.
Poster kedua ajakan untuk mencegah banjir.
Jadi pada prinsipnya dalam membuat poster ada aturan tertentu sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.
B.     Syarat Membuat Poster.
Untuk membuat sebuah poster, dibutuhkan beberapa syarat baik dalam bentuk gambar maupun kata – kata. Ada beberapa langkah yang harus dilalui dalam membuat poster. Langah – langkah tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Menentukan Topik dan Tujuan.
Sebelum membuat poster, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema. Penentuan tema berdasarkan pesan yang ingin disampaikan. Misalnya, tema tentang anti korupsi. Berdasarkan tema tersebut, kemudian mulai pikirkan bentuk visualisasinya dan kata yang digunakan untuk memperkuat gambar visual tersebut.
2.      Membuat Kalimat Singkat dan Mudah Diingat.
Poster berfungsi mengirim pesan kepada orang yang melihatnya, untuk itu pilih kata yang singakt tetapi berkesan. Dengan melihat kata dan gambar, orang akan senantiasa ingat terhadap pesan yang ingin disampaikan. Orang yang melihat poster secara cepat. Untuk itu, buatlah kalimat yang singkat agar biasa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Melalui bahasa singkat tersebut, pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik. Buatlah kalimat yang jelas serta menarik perhatian orang untuk melakukan sesuatu.
3.      Menggunakan Gambar.
Selain menggunakan kata atau kalimat, poster juga disertai gambar. Penggunaan gambar sebagai salah satu penyampai pesan yang paling menarik. Proporsi penggunaan gambar dengan kata atau kalimat disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang akan disampaikan. Penggunaan gambar dan kata dapat juga dilakukan dengan gambar proporsi yang jauh lebih besar dibandingkan tulisan. Pada poster sebaiknay dengan menggunakan warna – warna yang mencolok sehingga mengundang perhatian dan minat orang untuk membaca atau melihat.
4.      Menggunakan Media yang Tepat.
Penggunaan media dalam membuat poster dapat disesuaikan dengan tempat poster akan diletakkan. Jika poster tersebut diletakkan pada papan baliho, maka media yang digunakan dapat berupa kain atau sejenisnya. Jika poster tersebut akan diletakkan pada dinding, maka dapat menggunakan media kertas. Saat sekarang ini penggunaan media dalam membuat poster sangat beragam. Ada juag poster yang sudah dicetak secara digital.
Membuat poster dapat dilakukan tidak hanya menggunakan peralatan dan bahan seperti membuat gambar atau lukisan, tetapi juga dapat menggunakan alat bantu computer. Pembuat poster dengan menggunakan alat bantu computer. Pembuat poster dengan menggunakan alat bantu computer memudahkan dalam berekspresi. Karena, jika ada kesalahan dapat segera diganti. Berbeda jika membuat poster dengan menggunakan dengan teknik menggambar manua, yang jika ada kesalahan sulit untuk melakukan revisi atau perbaikan. Membuat poster unsur utama yang penting adalah pesan yang ingin disampaikan, baru kemudian unsur keindahan.
C.    Alat dan Bahan.
Poster dapat diterapkan pada beberapa jenis bahan seperti kertas, karton bahkan kanvas. Bahan – bahan yang digunakan dapat berupa alat menggambar manual seperti dan alat menggambar digital, contohnya computer. Perbedaan alat dan bahan tersebut berdampak pada nilai keindahan. Beberapa alat dan bahan yang digunakan dalam membuat poster antara lain sebagai berikut :  
1.      Pensil Menggambar.
Pensil yang digunakan dalam menggambar yaitu ukuran pensil 2B – 6B.
2.      Pulpen.
Pulpen digunakan sebagai alat untuk membuat gambar dengan karakter tegas pada garis – garis gambarnya.
3.      Kuas Lukis.
Kuas digunakan untuk membuat poster berbahan kain atau pun jenis kanvas yang biasanya untuk membuat sebuah lukisan. Untuk membuat poster dengan bahan kuas, terdiri dari dua macam cat yang digunakan yaitu cat berbahan dasar minyak dan cat berbahan dasar air. Sehingga pada saat pembuatan poster, kita dapat menentukan cat sesuai bahan media yang hendak digunakan.
4.      Komputer.
Membuat poster dapat juga menggunakan media computer. Selain lebih mudah, penggunaan computer pada pembuatan poster dinilai lebih efektif karena kita tidak kuatir akan kesalahan, baik pada tema, naskah, gambar dan warna yang telah dibuat. Dengan media computer, kita dapat melakukan perbaikan kesalahan (revisi) pada poster yang mengalami kesalahan dalam proses pembuatannya. Selain itu, kita dimudahkan dalam pemilihan tema, naskah, gambar dan warna yang akan digunakan karena pada computer jelas kita tidak perlu repot menyiapkan alat menggambar manual serta bahan pewarna terlebih dahulu. Untuk membuat poster dengan media ini, harus menggunakan Software khusus untuk menggambar dengan pilihan dan jenis program menggambar yang beragam. Selain itu, membutuhkan skill serta keterampilan khusus pula untuk menjalankan program menggambar melalui media computer tersebut.

Comments