Bagian – Bagian yang menyusun Sel Tumbuhan

Bagian – bagian yang menyusun Sel Tumbuhan 

Bagian – bagian yang menyusun Sel Tumbuhan, diantaranya :
A.    Inti sel (Nucleus).
Inti Sel adalah organel sel yang sangat khusus, Inti sel menyimpan komponen genetik (kromosom) pada sel tertentu. Inti sel berfungsi sebagai pusat administrasi utama dari sel dengan mengkoordinasikan proses metabolisme seperti pertumbuhan sel, pembelahan sel, dan sintesis protein. Kumpulan inti sel beserta isinya disebut sebagai nukleoplasma.
B.     Kromatin (Chromatin).
Kromatin adalah kompleks dari asam deoksiribonukleat, protein histon dan protein non histon yang ditemukan pada inti sel eukariota. Salah satu fungsi utamanya adalah mengkondensasi DNA untuk mengaktifkannya masuk dalam inti sel.
C.    Nukleolus (Nucleolus).
Nukleolus adalah sebuah struktur terikat tanpa membran yang terdiri dari protein dan asam nukleat dalam inti sel (nukleus).
D.    Membran Inti (Nuclear Envelope).
Membran Inti merupakan suatu membran ganda fosfolipid yg membungkus keseluruhan organel & memisahkan bagian inti dg sitoplasma sel, serta lamina inti, suatu struktur yg terdapat dalam nukleus yg memberi dukungan mekanis seperti sitoskeleton yg menyokong sel secara keseluruhan.
E.     Rough Endoplasmic Reticulum.
Rough Endoplasmic Reticulum Kegunaan daripada Retikulum Endoplasma Kasar adalah untuk mengisolir dan membawa protein tersebut ke bagian-bagian sel lainnya. Kebanyakan protein tersebut tidak diperlukan sel dalam jumlah banyak dan biasanya akan dikeluarkan dari sel. Contoh protein tersebut adalah enzim dan hormon.
F.      Smooth Endoplasmic Reticulum.
Smooth Endoplasmic Reticulum Kegunaannya adalah untuk membentuk lemak dan steroid. Sel-sel yang sebagian besar terdiri dari Retikulum Endoplasma Halus terdapat di beberapa organ seperti hati.
G.    Central Vacuole.
Central Vacuole adalah vakuola berukuran besar yang dimiliki sel tumbuhan. Fungsi central vacuole adalah menyimpan cadangan makan.
H.    Mikrotubulus (Microtubules).
Mikrotubulus melibatkan membantu dalam sitokinesis dan transportasi vesikuler. Mikrotubulus adalah salah satu komponen yang paling penting dari sitoskeleton sel. Mereka melayani sebagai komponen struktural dalam sel dan terlibat dalam banyak proses seluler yang penting bagi kelangsungan hidup sel, termasuk mitosis, sitokinesis, dan transportasi vesikuler.
I.       Kloroplas (Chloroplast).
Kloroplas adalah sebuah plastid yang mengandung klorofil, dan digunakan sebagai tempat berlansungnya fotosintesis. Kloroplas adalah organel sel yang memiliki membran yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan.
J.      Dinding Sel (Cell Wall).
Dinding Sel fungsinya yaitu :
1.      Sebagai penahan tekanan berlebihan ketika air memasuki sel. Dinding sel ditemukan pada sel tumbuhan, bakteri, jamur, alga, dan beberapa archaebacteria. Sel hewan dan protozoa tidak memiliki dinding sel.
2.      Dinding sel menyebabkan sel tidak dapat bergerak dan berkembang bebas, layaknya sel tumbuhan. Namun demikian, hal ini berakibat positif karena dinding-dinding sel dapat memberikan dukungan, perlindungan dan penyaring (filter) bagi struktur dan fungsi sel sendiri.
3.      Dinding sel mencegah kelebihan air yang masuk ke dalam sel.
K.    Membran Plasma (Plasma Membrane).
Membrane Plasma Fungsi utama dari membran plasma adalah sebagai berikut :
1.      Fungsi Membran Plasma sebagai Identifikasi.
2.      Fungsi Membran Plasma sebagai Komunikasi Sel.
3.      Fungsi Membran Plasma sebagai regulasi pertukaran zat.
4.      Fungsi Membran Plasma sebagai Isolasi.
L.     Mitokondria (Mithocondrion).
Mitokondria adalah salah satu organel sel dan berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup, selain fungsi selular lain, seperti metabolisme asam lemak, homeostasis kalsium, transduksi sinyal selular, biosintesis pirimidina, dan penghasil energi yang berupa adenosina trifosfat pada lintasan katabolisme.
M.   Secretory Vesicles.  
Secretory Vesicles adalah kantong terikat membran kecil yang menyimpan dan mengangkut zat keseluruh sel. Mereka dapat terbentuk secara alami dalam sel untuk membantu dalam sekresi seluler seperti eksositosis, endositosis atau fagositosis.
N.    Golgi Apparatus.

Golgi Apparatus merupakan organel yang hadir di sebagian besar sel-sel eukariota. Hal ini terdiri dari kantung terikat membran, dan juga disebut badan Golgi, kompleks Golgi, atau dictyosome. 

Comments

Post a Comment